Al-Quran merupakan mukjizat yang diturunkan oleh Allah Swt. kepada Nabi Muhammad Saw.  Sebagai umat islam yang baik, sudah sepatutnya kaum muslimin mengamalkan dan menjadikannya teman dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya di Kampus 3 Universitas Negeri Malang di Blitar, Al-Quran dengan semangat tinggi digemakan. Selasa (13/02) lalu, Unit Kegiatan Mahasiswa Al-Quran Study Club Pelaksana Program 3 (UKM ASC PP3) Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan khataman yang dilaksanakan di Masjid An-nur Kampus 3 Universitas Negeri Malang. Khataman tersebut berlangsung dengan khidmat dan kekeluargaan mulai pukul 13.00 WIB hingga 17.30 WIB dengan diakhiri pembacaan doa.

Dengan kegiatan khataman ini mahasiswa UM kampus 3 sangat antusias mengikuti kegiatan hingga selesai, tak hanya mahasiswa tetapi juga para dosen kampus 3 UM turut berpartisipasi

“Tujuan khataman ini untuk membumikan lantunan ayat-ayat suci al-Quran dan menjalin silaturrahim antara dosen dan mahasiswa di Kampus 3.” Kata Aulia Rahma selaku Koordinator atau Ketua ASC Kampus 3.

Selain tujuan tersebut, khataman diadakan dalam rangka membuka kegiatan pembinaan Unit Kegiatan Mahasiswa ASC di Kampus 3 pada awal semester. UKM ASC tidak lain merupakan Unit Aktivitas Mahasiswa Universitas Negeri Malang  yang bergerak di bidang Qurani. Unit Kegiatan Mahasiswa ini merupakan UKM yang amat berperan dalam mencetak bibit-bibit peraih prestasi dalam Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional ( MTQMN) hingga mengharumkan nama Universitas Negeri Malang sebagai hattrick juara umum di kancah nasional. UKM ASC memiliki beberapa pembinaan di Kampus 3, yakni pembinaan Tahsin (Perbaikan Bacaan), Tartil Quran, Tilawatil Quran, dan Khatt (Kaligrafi). Ke depannya, khataman akan rutin dilakukan setiap sebulan sekali di Kampus Tiga. Semua kegiatan tersebut dilakukan seiring tujuan dari ASC adalah membumikan Al-Quran. (UMI)