Berita

Mahasiswa Kampus 3 UM Berpartisipasi dalam Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional di Makasar

WhatsApp Image 2018-03-28 at 20.38.32

(Blitar, 28/03/2018) Media pembelajaran adalah suatu komponen yang sangat penting dalam menunjang proses pembelajaran. Guru dan calon guru harus mampu membuat media pembelajaran yang kreatif dan bermakna. Peran media pembelajaran sangatlah penting karena dengan adanya media pembelajaran siswa akan lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Media pembelajaran bermacam-macam bentuknya mulai dari 2 Dimensi, 3 Dimensi dll. Sebagai guru maupun calon guru harus pandai memanfaat media yang telah ada misalnya alam sebagai media pembelajaran yang nyata, namun akan ada nilai plus apabila seorang guru atau calon guru mampu menyusun, membuat, atau menginovasi media pembelajaran.
Dalam rangka Pekan Pendidikan, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMJ PGSD) Universitas Muhammadiyah Makasar mengadakan Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional dengan tema Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Budaya Lokal. Dengan diadakannya kegiatan lomba ini mahasiswa kampus 3 Universitas Negeri Malang tentu tidak akan tinggal diam. Lindawati, Fatin Pramudya Wardani, Yuliana Dewi Pratiwi, mereka adalah Tim dari Mahasiswa PGSD angkatan 2016 Kampus 3 Universitas Negeri Malang yang mengikuti lomba Media Pembelajaran tingkat nasional. Mereka adalah salah satu tim yang masuk ke babak final lomba Media Pembelajaran tingkat Nasional. Pada tanggal 29 Maret 2018 mereka akan melakukan presentasi mengenai media pembelajaran yang telah di buat.
Media Pembelajaran “Rubita Nusantara” Rubik Tari dan Alat Musik Nusantara adalah media yang di buat oleh tim Lindawati, dkk. Kelompok mendapatkan ide dari permainan rubik, permainan tersebut sangat simple dan dapat mengasah keterampilan psikomotorik anak serta keterampilan kognitif.
Media pembelajaran ini dapat digunakan di kelas rendah dan kelas tinggi namun dari kelompok menghendaki media “Rubita Nusantara” digunakan dikelas rendah sebab sebagai pengenalan literasi sejak dini. Media yang berbentuk Rubik ini dalam proses pembuatannya hanya memerlukan waktu 2 hari, media yang terbuat dari mika tebal di bentuk menjadi kerangka-kerangka kubus kemudian disatukan. “Rubita Nusantara” tampak indah dan menarik dengan tampilan desain stiker yang berwarna-warni dan dengan gambar tari serta alat musik tradisional. Siswa kelas rendah pasti akan tertarik memainkannya, selain gambar tari dan alat music tradisional terdapat huruf Abjad, hal ini membuktikan bahwa “Rubita Nusantara” adalah salah satu media pembelajaran yang efektif dan terpadu. Siswa dapat belajar mengenal keanekaragaman budaya, serta dapat belajar huruf abjad dengan menggunakan satu media pembelajaran.
Nah kelebihan lain dari media “Rubita Nusantara” adalah dapat digunakan di dalam mata pelajaran yang lain seperti Matematika, IPA, PKn, dll. Hanya dengan cara mengganti desain stikernya saja, media ini akan lebih multifungsi dalam pembelajaran. Bagaimana ? efektif dan kreatif bukan ?. (amr)

WhatsApp Image 2018-03-25 at 06.33.41

1 Comment

  1. Denis Bunga

    Kami bangga kuliah di PGSD UM

Leave a Reply

Theme by Anders Norén