SEJARAH PGSD

IKIP Malang merupakan salah satu perguruan tinggi yang diberi tugas untuk menyelenggarakan Program D-II PGSD, sehingga pada bulan September tahun 1990 dibuka program tersebut di IKIP Malang. Program ini terutama dimaksudkanuntuk memberikan pendidikan prajabatan guru SD bagi para mahasiswa yang berasal dari input SLTA yang belum bertugas sebagai PNS . Pada tahun pertama penyelenggaraan program ini. Program D-II PGSD telah menerima mahasiswa yang berasal dari SPG, SGO, SMA, dan SMTA yang sederajat. Namun demikian sejalan dengan tuntutan kebutuhan di lapangan, maka sejak tahun akademik 1993/1994, program D-II PGSD telah menerima mahasiswa lulusan SGO dan SPG yang sudah berwiyatabhakti di SD. Selanjutnya sejak tahunAKADEMIK 1996/1997 Program D-II PGSD IKIP MALANG juga menyelenggarakan program pendidikan jabatan (in-service education) bagi para guru-guru SD yang sudah berdinas sebagai PNS agar memiliki kualifikasi pendidikan D-II PGSD. Program pendidikan jabatan ini disebut Program Penyetaraan Tatap Muka D-II PGSD. Di IKIP MALANG, program D-II PGSD sejak awal pengelolaan penyelenggaraannya diserahkan pada jurusan KTP. Pada jurusan KTP ini ada program studi Pendidikan dasar yang mempunyai kemiripan dengan program studi PGSD.

Perkuliahan Program D-II PGSD diselenggarakan di 3 lokasi Pelaksana Program PGSD (PP PGSD) yaitu: PP I PGSD di Jalan Veteran No. 1 Malang, PP II PGSD di Jalan Gribig 45 Malang, dan PP III PGSD di Jalan Sukarno No. 1 Blitar. Ketiga lokasi PP tersebut sebelumnya adalah SPGN Malang dan SPGN Blitar yang diintegrasikan dengan IKIP Malang berdasarkan Surat Keputusan Menteri pendidikan dan Kebudayaan No. 0116/0/1991 tanggal 15 Maret 1991 dan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 1786/D/T/1991 tanggal 4 Juni 1991.

Selanjutnya, untuk meningkatkan mutu pendidikan di Taman Kanak-kanak, pada tahun akademik 1997/1998 Jurusan KTP FIP IKIP Malang membuka program D-II PGTK. Program ini dimaksudkan untuk memberikan pendidikan kepada para mahasiswa Input SLTA agar memiliki kualifikasi pendidikan jenjang D-II PGTK. Program ini menerima calon mahasiswa dari lulusan SLTA yang belum bertugas sebagai guru TK maupun lulusanSLTA yang telah bertugas/ wiyata bhakti sebagai guru TK.

Pada tanggal 4 Agustus 1999, IKIP MALANG diubah menjadi Universitas Negeri Malang. Sejalan dengan perubahan tersebut maka di Universitas Negeri Malang, Penataan Fakultas dan Jurusan di UM ini nerdasarkan SK Dirjen Dikti nomor 143/DIKTI/KEP/2000 tentang: Jenis dan jumlah Jurusan pada Fakultas di Lingkungan Universitas Negeri Malang. Dengan terbitnya SK Dirjen Dikti tersebut, maka program D-II PGSD dan Program D-II PGTK diwadahi dalam sebuah jurusan baru yang diberi nama Jurusan Kepndidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah (KSDP).

Selanjutnya dalam rangka memenuhi kebutuhan peningkatan mutu guru dan pendidikan di SD, pada tahun 2000 atas inisiatif para dosen jurusan KSDP dilakukan proses pengusulan pembukaan Program Studi S1 PGSD ke Dirjen Dikti dengan UM dan pihak yang terkait maka pada tahun 2001 dibukalah Program S1 PGSD FIP UM. Selanjutnya secara resmi Dirjen Dikti menerbitkan Surat Keputusan Nomor: No 774/D/T/2002 tanggal 23 April yang menetapkan bahwa Universitas Negeri Malang dan 6 LPTK lain diberikan ijin untuk membuka Program S1 PGSD. Program ini memberikan pendidikan kepada guru-guru SD yang sudah memiliki ijazah D-II PGSD agar memiliki kualifikasi pendidikan jenjang S1 PGSD.

Seiring dengan dilaksanakanya Standar Nasional Pendidikan yang menggariska bahwa tenaga pendidik disemua satuan pendidikan, khususnya SD dan PAUD, harus berpendidikan sarjana (S-1) maka sejak tahun akademik 2008/2009 jurusan KSDP hanya melaksanakan pendidikan akademik. Konsekuensinya, semua perangkat jurusan dan program studi harus disesuaikan dengan perubahan tersebut yakni hanya ada program studi PGSD dan PGPAUD.

Visi Misi Tujuan dan Sasaran

Visi Program Studi
Terwujudnya lembaga pendidikan guru sekolah dasar yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan, cultural, dan religius.

Misi Program Studi

a. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran pendidikan guru sekolah dasar secara ilmiah akademik, humanis, kultural, dan religius.
b. Melaksanakan penelitian, riset dan pengembangan guna meningkatkan kualitas pendidikan guru sekolah dasar secara humanis, kultural, dan religius.
c. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dibidang pendidikan dasar untuk memajukan masyarakat, bangsa, dan Negara.

Tujuan Program Studi
Program S1 PGSD bertujuan untuk menghasilkan guru SD yang memiliki kemampuan utama sebagai berikut:
a. Guru kelas, artinya lulusan berhak dan mempunyai kompetensi sebagai guru di semua kelas SD.
b. Guru matapelajaran, artinya lulusan berhak dan mempunyai kompetensi sebagai guru dalam matapelajaran tertentu pada kelas-kelas yang penyelenggaraannya kombinasi antara kelas dan guru matapelajaran.

Sasaran Program Studi
Sasaran Program S1 PGSD adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan sebagai :
a. Guru kelas untuk seluruh kelas SD yang menguasai 5 (lima) matapelajaran utama semua kelas, merancang pembelajaran sesuai peserta didik, mengelola kelas, melaksanakan pembelajaran inovatif, kreatif, produktif, dan rekreatif; melaksanakan penilaian dan membuat laporannya.
b. Guru salah satu matapelajaran utama, yang menguasai pengembangan matapelajaran tersebut secara lebih meluas dan mendalam

Comments are closed.