Berita

Mahasiswa PGSD Kunjungi Puskurbuk Kemendikbud

Mahasiswa dan dosen pendamping foto bersama dengan pemateri

Sebagai wujud pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL), selasa (23/01) lalu Mahasiswa PGSD FIP UM mengunjungi Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud. Rombongan yang terdiri dari empat offering ini tiba di Aula lantai 7 Puskurbuk Kemendikbud pukul 10.38 WIB dengan disambut oleh Ibu Listyani selaku Kepala Bagian Tata Usaha. Dalam sambutannya Ibu Listyani menyampaikan Visi Misi, Tugas, serta fungsi dari Puskurbuk Kemendikbud berdasarkan Permendikbud No 11 tahun 2005. Selain itu, sebagai pengenalan awal beliau juga menjelaskan serangkaian Struktur Organisasi Pusat dalam Puskurbuk Kemendikbud. Sebagai kelanjutan rangkaian acara, pihak rombongan KKL PGSD FIP UM yang diwakili oleh Bapak Ahmad Taufik turut menyampaikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada jajaran pimpinan Puskurbuk Kemendikbud atas kesediaannya menerima rombongan KKL mahasiswa PGSD FIP UM.

Selepas sambutan dari kedua belah pihak, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala Bagian Kurikulum Puskurbuk Kemendikbud, Bapak Cipto. Dalam kesempatan ini, Beliau menjelaskan mengenai mandat yang diberikan oleh Dirjen kepada Puskurbuk Kemendikbud. beberapa mandat yang diberikan yakni mengkaji kurikulum setiap jenjang pendidikan dari PAUD hingga SMA, Mengkaji Program Vokasi, serta mengkaji Literasi Dasar. Beliau juga menceritakan salah satu program dari Puskurbuk Kemendikbud yang pernah diselenggarakan di Kota Malang yakni Program PPSP. Sebagai penutup, pada akhir materi beliau menyampaikan mandat yang pernah diberikan oleh Dirjen pada tahun sebelumnya yakni mengkaji tentang konsep Kemaritiman, Vokasi, dan Literasi.

Materi kedua disampaikan oleh Bapak Supriyatno selaku Kepala Bagian Pengembangan dan Pengendalian Mutu Perbukuan. Beliau menjelaskan bahwa salah satu tugas utama Bagian Pengembangan dan Pengendalian Mutu Perbukuan yakni mengevaluasi serta memberikan rekomendasi untuk setiap buku yang digunakan oleh sekolah. Lebih lanjut, beliau menginformasikan bahwa untuk tahun ajaran 2018/2019 seluruh buku Kurikulum 2013 yang telah direvisi siap untuk digunakan. Sebagai penutup, penjelasan terakhir pun disampaikan oleh Bapak M. Hamka. Pada kesempatannya beliau memaparkan materi mengenai konsep tentang kurikulum mulai dari pengertian hingga struktur dan komposisi dalam sebuah kurikulum.

Selepas seluruh rangkaian materi, tepatnya pukul 11.54 WIB acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh beberapa mahasiswa dan diakhiri dengan acara pertukaran cinderamata antara kedua belah pihak. (Arda & Giga)

Pemberian cindera mata untuk PUSKURBUD  DSCF0771 edit  Pemberian cindera mata dari PUSKURBUK ke PGSD UM  DSCF0727

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *