Berita

Kunjungan Mahasiswa KKL dari Jakarta

Malang. Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah (KSDP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) menerima tamu dari Universitas Trilogi Jakarta pada Rabu (10/4). Kunjungan dari Mahasiswa PGSD Universitas Trilogi Jakarta ini dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kegiatan ini bertempat di Aula Kampus 2 UM dan dihadiri oleh Ketua Jurusan KSDP, Dosen-dosen KSDP, Mahasiswa KKL Universitas Trilogi Jakarta, Pembimbing kkl Universitas Trilogi Jakarta, serta Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) KSDP.
Sebagai mahasiswa PGSD angkatan pertama di Universitas Trilogi Jakarta maksud dari kunjungan KKL ini adalah untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya dari Jurusan KSDP UM mengenai sistem perkuliahan yang berada di KSDP dan juga tahapan selanjutnya mengenai Program Profesi Guru (PPG).
Ketua Jurusan KSDP, Dr. H. Sutarno, M.Pd menyampaikan bahwasanya UM adalah salah satu rujukan untuk menjalankan PPG yang diadakan oleh Kemenristekdikti ini dan juga bahwasanya pemerintah telah mengganti program SM3T dan diganti dengan tugas khusus.
“Awalnya program PPG ini dinamakan dengan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), dulunya harus dilaksanakan dalam jangka waktu hari dan sekarang program tersebut dinamakan dengan Program Profesi Guru (PPG) dan terbagi menjadi 3 yakni Prajabatan yang dilaksanakan dalam jangka waktu 1 tahun, dalam jabatan dilaksanakan dalam jangka waktu 4 bulan (kurang lebih satu semester), dan tugas khusus dilaksanakan dalam jangka waktu 2 tahun ( satu tahun mengabdi didaerah dan terpencil dan setelah rampung lalu melaksanakan PPG di Kampus)”, Ujar Bapak Kajur KSDP.
“Salah satu alasan memilih UM sebagai kunjungan KKL kami adalah karena UM terkenal dengan pendidikannya dan juga ingin mengetahui lebih dalam mengenai sistem pembelajaran khususnya di program studi PGSD dikampus ini”, ujar Bobby salah satu mahasiswa PGSD angkatan pertama di Universitas Trilogi Jakarta.
Untuk mengetahui lebih dalam sistem pembelajaran di KSDP UM ini, Pembimbing KKL dan Mahasiswa Trilogi diajak untuk berkeliling kampus 2 UM Oleh Kajur KSDP, Dosen KSDP, dan Mahasiswa HMJ KSDP. (Arwinda Citraningtyas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *