Profil lulusan Prodi PGSD “Menghasilkan sarjana pendidikan guru sekolah dasar yang menguasai bidang keilmuan utama sekolah dasar, kemampuan pedagogik, kepribadian, dan sosial, juga kemampuan manajerial dan kepemimpinan serta educatorpreneurship berbasis kehidupan terintegrasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.”

Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD – Elementary Teacher Education) diarahkan untuk menghasilkan sarjana Starta Satu (S1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memiliki keahlian sebagai:

  1. Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memiliki sikap-sikap sebagai pendidik yang baik dan bertanggung jawab.
  2. Peneliti Pemula/Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan serta mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  3. Praktisi dan Konsultan Pendidikan yang mampu mengelola dan mengevaluasi pendidikan dan pembelajaran, membina ekstra kurikuler, bertanggungjawab dan memahami etika profesi dengan baik di tingkat satuan pendidikan sekolah dasar

 

Profil ini dikembangkan dengan mempertimbangkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) yang menyatakan dengan tegas bahwa lulusan S1 belum menjadi tenaga profesional sampai memasuki pendidikan profesi. Profil ini juga mempertimbangkan hasil diskusi bersama Himpunan Dosen PGSD Indonesia, masukan dari dosen Program Studi S1 PGSD UM, dan Standar Kompetensi Guru Kelas SD.

Translate »
Butuh Bantuan? Chat Kami