Konstruk Standar-CPL disusun berdasarkan unsur-unsur Capaian Pembelajaran Lulusan yang tertuang dalam SNPT (Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020), yaitu unsur Sikap dan Keterampilan Umum. Unsur Pengetahuan dan Keterampilan Khusus yang dikembangkan oleh HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia), dan pengembangan Prodi S1 PGSD UM.

 

Konstruk SCPL 1
Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warga negara yang agamis, mencintai negara, bangsa, dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila, serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif dan kritis sesuai dengan dinamika global.
Konstruk SCPL 2
Memiliki nilai dan wawasan keilmuan Pendidikan dan pembelajaran secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai pendidik yang kritis, inovatif, adaptif, dan komunikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik di era global.
Konstruk SCPL 3
Menerapkan dan mengevaluasi strategi pengelolaan dan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar dengan mengutamakan sikap spiritual dan sikap sosial.
Konstruk SCPL 4
Menerapkan dan menganalisis bidang kajian Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan pkn di Sekolah Dasar secara kreatif, kritis, kolaboratif, dan komunikatif.
Konstruk SCPL 5
Merancang, mengorganisasi, mengembangkan dan mengevaluasi bidang kajian Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PKn dan Seni Budaya dalam pembelajaran Sekolah Dasar secara mandiri berorientasi pada pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan adaptif terhadap IPTEK.)
Konstruk SCPL 6
Menyusun kajian tentang tentang penerapan dan analisis bidang kajian Sekolah Dasar berdasarkan nilai humaniora, kaidah, tata cara, dan etika ilmiah berupa karya ilmiah yang disimpan dalam repository perguruan tinggi untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan mnerapkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi dengan civitas akademika maupun masyarakat ilmiah secara mandiri.
Konstruk SCPL 7
Menguasai dan menerapkan pengetahuan, sikap dan keterampilan administrasi dan supervisi dalam proses evaluasi kinerja individu dan atau kelompok di bawah tanggungjawabnya secara berkelanjutan.
Konstruk SCPL 8
Menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai educatorpreneurship berbasis kehidupan yang berwawasan TIK dengan mengembangkan potensi lokal untuk keunggulan global.
Translate ยป
Butuh Bantuan? Chat Kami