Berita

HMJ KSDP FIP UM Menyelenggarakan Lomba TK & SD bertajuk “KECE”

MLomba TK SD KSDP UM 20.44.27alang. Himpunan Mahasiswa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah (HMJ KSDP) periode 2018 menyelenggarakan program kerja dibidang edukasi yaitu Lomba TK SD Se-Malang pada hari Sabtu (14/04). Acara yang bertema “Menuju Generasi Emas yang Kompetitif, Kreatif, Cerdas (KECE) tersebut diselenggarakan di Aula Kampus II Universitas Negeri Malang (UM) yang dimulai pada pukul 07.00-12.00 WIB.

Acara diawali dengan upacara pembukaan dilanjutkan dengan sambutan- sambutan. Sambutan yang pertama oleh ketua pelaksana kegiatan, Machlinda Firdaus yang mengucapkan rasa terima kasih sebanyak-banyaknya kepada wali murid, peserta lomba dan seluruh panitia atas kontribusi dan kerjasamanya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Sambutan kedua dari Bapak Drs. Imam Nawawi, S.Pd, M.Pd selaku ketua jurusan KSDP setelah itu disambung dengan pembukaan secara simbolis yaitu pemukulan gong. Tidak hanya itu, sebagai pelengkap dari acara ini, HMJ KSDP mempersembahkan Tari mojang priangan sebagai pembuka dalam perlombaan tersebut yang dikoordinir oleh Divisi Bakat Minat HMJ KSDP.

Lomba ini terdiri dari 3 cabang lomba yaitu Lomba Olimpiade SD, mewarnai Tk dan tari kreasi TK. Pelaksanaan lomba dilaksanakan secara terpisah demi kelancaran dan kenyamanan peserta yaitu untuk lomba olimpiade dilaksanakan di Gedung KSDP Lantai 2 dan 3 dimulai pukul 08.00-10.00 WIB, sedangkan untuk lomba Tari Kreasi diadakan di dalam Aula yang berlangsung sejak pukul 08.00-11.15 WIB, dan untuk cabang lomba terakhir yaitu lomba Mewarnai dilaksanakan di gedung KSDP lantai 1 dimulai pukul 08.00-10.00 WIB.

Acara yang diadakan untuk wilayah Se-Malang tersebut mendapat tanggapan yang cukup baik dari kalangan masyarakat malang baik guru, wali murid maupun siswa SD dan Siswa TK. Terlihat dari jumlah peserta yang berpatisipasi dalam kegiatan ini cukup banyak, untuk lomba Omlipiade 180 peserta, untuk Lomba Mewarna 19 peserta, dan untuk tari kreasi terdapat 16 tim yang bersaing.

Menurut penuturan Ketua Pelaksana, tujuan diadakannya kegiatan yaitu mewadahi bakat dan minat siswa baik TK maupun SD dibidang akademis, mengembangkan kreatifitas pada lomba mewarna dan tari kreasi, dan mengembangkan kecerdasan dalam lomba olimpiade. Selain itu Machlinda mengutarakan harapan kedepannya untuk kegiatan yang berlangsung sabtu kemarin. “harapan saya jika memang program ini diadakan kembali ditahun yang akan datang, maka harus lebih inovatif dan mengikuti zaman karena untuk menghindari acara yang monoton, dan semoga panitia lebih totalitas lagi dalam segala proses mulai dari pembentukan konsep hingga hari H pelaksanaan acara” tutur mahasiswi KSDP tersebut.

Di penghujung acara, pembawa acara membacakan para pemenang di setiap cabang lomba lalu dilanjutkan pemberian hadiah dan uang pembinaan sebagai bentuk apresiasi terhadap pemenang. (Arwinda edited by Arda)

Video Lomba Tari

 

Video Lomba Mewarnai dan Olimpiade

 

Video Wawancara Dengan Kajur KSDP mengenai Lomba TK SD

Lomba TK SD KSDP UM 20.44.30 Lomba TK SD KSDP UM 20.44.35 Lomba TK SD KSDP UM 20.44.32 Lomba TK SD KSDP UM 11.14.01  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *