Berita

Mahasiswa PGSD PP3 Kunjungi KemenPAN-RB

Mahasiswa Prodi S1 PGSD angkatan 2015 PP 3 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, pada hari Selasa, 20 Februari 2018 melakukan kunjungan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) di KemenPAN-RB (Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi). Sejumlah 83 mahasiswa terbagi menjadi 2 rombongan, dengan di damping oleh 2 Dosen dari PP3 yaitu Ibu Suminah selaku dosen pendamping KKL, dan Ibu Sutansi selaku KPP 3. Rombongan tiba pukul 09.00 WIB di sambut hangat oleh petugas keamanan dan staff kantor, rombongan langsung menuju Aula Serbaguna, disana sudah ada perwakilan dari KemenPAN-RB yaitu Bapak Washito selaku Deputi dan Informasi dan Bapak Adi Mustofa selaku Deputi Sumber Daya Manusia. Setelah pembukaan serta perkenalan oleh Bapak Washito di lanjutkan penyampaian materi oleh Bapak Adi Mustofa. Tema yang dibawakan adalah “ Bagaimana Program Pengembangan Sumber Daya Manusia?”

Bapak Adi menjelaskan bahwa dalam Program Pengembangan Sumber Daya Manusia ada 2 proses yaitu Sistem dan Kinerja. Beliau juga mengutarakan bahwa dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia juga ada kebijakan pembangunan Aparatur Sipil Negara (ASN No 05 Th 2014) dan Sistem Merit. Target dari Sistem Merit dalam mengembangkan dan memilih SDM adalah Kualifikasi, Kompetensi, Kinerja, Integritas dan Kualitas. Setiap penambahan jumlah PNS dari berbagai pihak semuanya harus izin ke KemenPAN-RB karena semua data Pegawai Negeri ada di sana. Menurut data dari KemenPAN-RB data PNS pada tahun 2016 sejumlah 4.475.315. Dalam beberapa tahun terakhir tidak ada pengangkatan PNS oleh beberapa pihak kementrian, namun pihak KemenPAN member pernyataan tetap ada pengangkatan untuk PNS Jabatan fungsional yaitu di bidang Pendidikan yang berarti Guru Dosen dll, Kesehatan yang berarti Dosen dan Perawat dan Keamanan TNI dan POLRI.

Bapak Adi juga mengutarakan bahwa tahun 2018 akan di buka penerimaan PNS Pusat dan di daerah yang akan diselenggarakan setelah Pemilu Raya, hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penipuan terhadap CPNS yang mengatas namakan ParPol. Informasi yang diperoleh dari kunjungan ke KemenPAN dan materi dari Bapak Adi selaku Deputi Sumber Daya Manusia sangat bermanfaat bagi mahasiswa semester 6, sebagai pandangan bahwa tahun ini dan selanjutnya untuk mencari peluang pekerjaan khususnya PNS di butuhkan kriteria pegawai seperti kategori pada Sistem Merit.

Selesai pemaparan materi oleh Bapak Adi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh beberapa mahasiswa. Acara kunjungan diakhiri dengan pemberian cendera mata dari mahasiswa PGSD PP3 UM. (Aim)

IMG-20180224-WA0026 1519541294390

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *