Berita

Seminar Proposal Mahasiswa Kampus 3 Angkatan 2014

Blitar, 08/03/2018: Mahasiswa Program Studi S1 PGSD Universitas Negeri Malang (UM), khususnya mahasiswa kampus 3 UM angkatan 2014 antusias untuk melaksanakan seminar proposal. Mereka berbondong-bondong melaksanakan bimbingan pengajuan proposal kepada dosen pembimbing masing-masing.  Sampai dengan awal Maret tahun 2018, sekitar 51,4% mahasiswa PGSD Kampus 3 sudah melakukan presentasi seminar proposal di depan 1 orang satuan petugas, 2 dosen pembimbing, dan maksimal peserta seminar sebanyak 15 orang.

Seminar proposal adalah bentuk pertanggung jawaban dalam wujud presentasi terbuka mengenai bahasan umum bab 1, 2, dan 3 dalam penulisan skripsi yang akan dilakukan.   Seminar proposal sangat penting dilaksanakan untuk “uji publik terbatas” untuk melihat kelayakan proposal penelitian yang diajukan. Di samping itu juga untuk memperoleh masukan dari reviewer, sehingga kualitas proposal semakin tinggi dan benar-benar layak untuk ditindaklanjuti melalui penelitian. Sementara itu  Dra. Sutansi, M.Pd. selaku KPP 3, mengatakan bahwa seminar proposal merupakan program yang dilakukan sebelum mahasiswa melakukan penelitian skripsi. Syarat melakukan seminar proposal mahasiswa harus mengikuti seminar proposal mahasiswa lain sebanyak 5 (lima) kali.Jenis penelitian yang diseminarkan sangat bervariasi, yaitu berupa analisis (buku, kegiatan pembelajaran, miskonsepsi, prestasi belajar siswa), PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dan pengembangan. Hasil dari seminar proposal ada 3 kemungkinan yakni tanpa revisi, revisi kecil, dan revisi besar.

“Seminar proposal sangat luar biasa, membuat hati berdebar-debar, dan harus dipersiapkan semaksimal mungkin. Setelah selesai seminar proposal seketika merasa senang dan lega. “ tutur Nurma salah satu mahasiswa angkatan 2014. Namun, lain halnya dengan yang dirasakan Ela, menurutnya “Seminar proposal bukanlah hal yang menegangkan, baginya seminar proposal ialah konsultasi di depan umum, jadi dibuat santai saja.”

Mahasiswa beranggapan bahwa masukan-masukan yang diberikan pada saat seminar proposal dari satuan petugas maupun dosen pembimbing yang diterima sangat bermanfaat untuk penelitiannya. Harapannya penelitian yang dilakukan lancar hingga pelaksanaan sidang/ujian skripsi.  (Ayuk, edited by wayansutama)

ba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *