Perkembangan teknologi yang sangat cepat pada abad 21 saat ini, tentunya akan memberikan perubahan-perubahan dan mempengaruhi wajah pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, tentunya seorang pendidik atau guru harus dapat mengimbangi dan bersikap adaptif terhadap perubahan-perubahan yang selalu ada. Untuk itu, sebagai pendidik seyogyanya memiliki pemahaman dan wawasan tentang pemanfaatan alat-alat teknologi (aplikasi) yang dapat diintegrasikan dan dimanfaatkan dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Lebih lanjut lagi, adanya lonjakan kembali kasus COVID-19 di Indonesia saat ini memberikan dampak pada pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar hingga pendidikan tinggi. Dampak tersebut tak terkecuali dialami oleh sekolah-sekolah dasar yang tedapat di Kota Malang. Adanya lonjakan kasus COVID-19 khususnya di kota Malang tersebut menyebabkan proses pembelajaran tidak dilaksanakan di sekolah atau pembelajaran luar jaringan (luring) melainkan dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran dalam jaringan (daring). Kondisi tersebut tentunya mengakibatkan perubahan-perubahan dalam sistem pembelajaran. Studi lebih lanjut diperoleh data bahwa agar pelaksanaan proses pembelajaran terlaksana tentutanya dibutuhkan alat-alat teknologi yang dapat menghubungan antara pendidik atau guru dengan peserta didik atau siswa.

Salah satu bagian integral dalam proses pembelajaran yaitu evaluasi hasil belajar peserta didik atau siswa. Evaluasi hasil belajar merupakan suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai keberhasilan belajar, setelah mengalami proses belajar selama satu periode tertentu. Sesuai situasi dan kondisi saat ini yaitu perkembangan teknologi yang semakin pesat dan adanya pandemi COVID-19, seorang pendidik seyogyanya dapat mengevaluasi hasil belajar peserta didik atau siswa dengan mengintegrasikan dan memanfaatkan alat-alat teknologi (aplikasi). Melalui pemanfaatan alat-alat teknologi (aplikasi) tersebut, diharapkan pelaksanaan evaluasi lebih terjaga validitas dan objektivitasnya, baik dari segi proses maupun hasil. Salah satu alat-alat teknologi (aplikasi) yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan evaluasi yang dianggap koheren dengan situasi dan kondisi saat ini yaitu dengan memanfaatkan wordwall game. Wordwall game merupakan salah satu aplikasi atau platform digital berupa kuis yang dapat dimanfaatkan untuk mengukur keberhasilan peserta didik atau siswa atas materi yang telah diberikan oleh guru.

Merespon hal tersebut, tim pengabdian dari program studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang yang diketuai oleh Khusnul Khotimah, M.Pd. memberikanĀ  pengarahan (pelatihan) dan pendampingan teknis untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada guru-guru, khususnya guru sekolah dasar tentang pemanfaatan word wall game untuk evaluasi pembelajaran sekolah dasar di Kota Malang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama empat hari secara daring dan luring. Pelaksanaan secara luring dilaksanakan di Kampus 2 Universitas Negeri Malang yang berlokasi di Jl. Ki Ageng Gribig 45 Sawojajar, Kota Malang. Pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut yaitu Bapak Muchtar, S.Pd., M.Si. selaku pakar bidang evaluasi pembelajaran, Bapak Dr. Erif Ahdianto, M.Pd. selaku pakar bidang tekologi pendidikan, dan didampingi moderator handal dan produktif dalam bidang kepenulisan, yaitu Ibu Esti Untari, M.Pd.

Translate Ā»